[Update] Mengenal Alexa Rank Lebih Dekat

Update: Alexa menutup proses claiming Alexa Rank Website per Mei 2016. Jadi Verifikasi Alexa bisa dilakukan dengan cara baru. Baca update di cara mendaftarkan blog di Alexa ya untuk lebih detail. 

Pernah ada yang mendengar Alexa Rank? Kenal gak dengan dia? Bagi blogger atau yang bekerja dalam bidang website mungkin mengenal dia, bahkan mungkin ada yang mengenal Alexa luar dalam, sama juga dengan DA/PA, PR dan lainnya. Kan katanya kalau gak kenal maka tak sayang, jadi gimana kalau kita mengenal Alexa Rank lebih dekat yuk sekarang. Biar gak ada yang: "Siapa sih Alexa Rank itu? Enak gak rasanya?" 

Eh pertanyaan itu beneran ada loh. Pernah ada yang bertanya seperti itu dengan polosnya ke teman yang sudah mengenal dunia digital lebih dahulu. Yup, tak lain dan tak bukan adalah saya sendiri. :D Saya tidak kenal dengan Alexa Rank sebelumnya, jadi saya pikir kalau Alexa Rank itu nama restoran baru di Jakarta. Biar gak seperti saya yang KuDet, kita kenalan aja sama statistik website satu ini ya, Alexa Rank


Apa itu Alexa Rank


Alexa Rank adalah peringkat terhadap sebuah website dilihat dari traffic yang datang pada website tersebut, yang dikelola oleh Alexa.com, sebuah anak perusahaan Amazon.com. Semakin kecil angka pada alexa rank, artinya semakin bagus ranking website kalian. Misalnya saja, nomor satu untuk Alexa Rank di seluruh dunia saat ini masih dipegang oleh Google.com. 

Sedangkan untuk Indonesia sendiri sama saja sih, tetap nomor 1nya adalah Google.com. Perbedaan ada di posisi kedua, yang diisi oleh Google.co.id bukannya Facebook.com Untuk situs lokal sendiri, yang paling atas saat ini adalah Detik.com dan diikuti oleh Kaskus.co.id yang Alexa Ranknya di nomor 7 & 8 untuk Top Sites in Indonesia versi Alexa.

apa, kegunaan dan merampingkan alexa rank
Top Sites Global vs Indonesia versi Alexa


Apa Kegunaan Alexa Rank


Mungkin di antara kalian yang membaca tulisan ini, kenapa kita harus menggunakan Alexa Rank - selain untuk mengetahui posisi ranking website kita secara global ataupun di Indonesia. Nah ada satu lagi kegunaan Alexa Rank yang biasa digunakan oleh para blogger. 

Alexa Rank digunakan untuk salah satu penilaian terhadap blog masing-masing untuk mendapatkan job review. Selain PageRank - yang saat ini sudah dihentikan oleh Google, DA (Domain Authority) & PA (Page Authority) yang dikeluarkan oleh Moz, Alexa Rank ini menjadi nilai yang dilirik oleh para pemberi kerjaan atau job review bagi blogger. Semakin kecil Alexa Rank blog tersebut, maka pemberi job review akan semakin mau memberikannya. 


Bagaimana Menaikkan atau Merampingkan Alexa Rank


Kalau memang Alexa Rank berpengaruh untuk dengan kemungkinan kita mendapatkan uang dari blog, kenapa kita tidak berusaha membuat Alexa Rank blog kita lebih baik? Eh tapi semua ini harus balik lagi ke masing-masing ya, tujuan membuat blog apa? 

Kalau salah satu tujuannya adalah agar blognya dibaca orang dan traffic tinggi agar penghasilan naik, perlu tahu soal cara menaikkan atau cara merampikan Alexa Rank blog kita. Sebenarnya sih, walaupun tujuan membuat blog bukan untuk mendapatkan uang dari blog, merampingkan Alexa Rank juga perlu loh, karena efeknya nanti bisa ke Search Engine Optimization alias SEO. 

Kalau SEO kita bagus, tulisan yang kita sharing juga akan semakin banyak yang baca dan akhirnya cakupan orang yang kita bantu lebih banyak kan? Jadi jangan sungkanlah untuk belajar Alexa Rank - mengenal Alexa Rank ini dan kemudian merampingkan dirinya, semakin ramping semakin seksi. 

Okay, beberapa tips merampingkan Alexa Rank yang saya ketahui selama ini dan sudah terbukti untuk febriyanlukito.com yang saya punya. Febriyanlukito.com aktif per bulan April 2015 (tepatnya 16 April 2015) dengan Alexa Rank yang wowww (5 juta lebih - hampir 6 juta). Setelah saya lakukan beberapa hal di bawah ini, ternyata efeknya besar juga. 

1. Registrasi Alexa Rank

Yang paling pasti hal pertama yang harus dilakukan jika ingin merampingkan Alexa Rank blog kita adalah meregistrasikan blog kita ke website Alexa. Setelah mendaftarkan blog kita, traffic, sumber lalu lintas blog akan dipantau oleh Alexa dan kita akan bisa melihat Alexa Rank blog kita. Lagipula cara mendaftarkan blog kita ke Alexa gampang kok - free alias gratis pula. 


Baca: Cara Mendaftarkan dan Verifikasi Website/Blog di Alexa

Di posting yang di atas, tertulis cara mendaftarkan dan meletakkan kode ID dari Alexa untuk verifikasi blog kita. Kalau sudah lakukan registrasi, abaikan saja dan langsung ke tips nomor 2. 

2. Pasang Alexa Toolbar - Recommended

Salah satu yang disarankan untuk merampingkan Alexa Rank adalah memasang Alexa Toolbar pada browser yang kita gunakan. Untuk Alexa Toolbar ini bisa digunakan untuk Chrome, Firefox dan Internet Explorer. Saya sendiri masih belum menemukan untuk yang pengguna Safari. 

Cara install Alexa Toolbar ini pun gampang. Saya sendiri install di laptop pribadi saya yang menggunakan Chrome - jadi tinggal install plugin atau extension untuk Chrome. Langsung saja klik untuk Install Alexa Toolbar di browser yang kamu pakai. 

3. Pasang Widget

Untuk blog febriyanlukito.com saya memasang widget Alexa - letaknya di footer sebelah kiri. Memasang widget ini diakui oleh beberapa blogger lain sebagai salah satu faktor yang bisa merampingkan Alexa Rank dengan cepat. 

4. Daily Posting

Nah, ini yang saya alami sendiri di blog febriyanlukito.com itu. Saya memang melakukan daily posting di blog itu. Post setiap hari. Dan ternyata memang efeknya cukup terasa. Seperti yang saya sebutkan di atas, Alexa Rank saya saat pindah ke domain ini kembali ke angka 5jutaan. 


tips atau cara menaikkan atau merampingkan alexa rank
Alexa Rank Febriyanlukito.com per 12 Agustus 2015


Saya pun melakukan verifikasi Alexa dan kemudian memasang Alexa Toolbar pada laptop pribadi saya (laptop yang ini gak saya pasang karena bukan laptop saya :D). Widget pun saya pasang. Dan terakhir adalah saya melupakan semuanya tentang Alexa Rank ini. Sesekali saja saya cek (biasanya sih dua minggu sekali saya cek di blog).

Yang saya lakukan rutin adalah membuat tulisan secara rutin setiap harinya. Posting setiap hari yang juga sebenarnya program yang dilakukan oleh Wp.com ternyata cukup efektif dalam merampingkan Alexa Rank. Karena dengan menerbitkan postingan setiap hari, artinya akan selalu ada yang baru yang bisa dibaca oleh follower blog kita. Efeknya, per tanggal 12 Agustus 2015 ini, Alexa Rank di febriyanlukito.com menjadi 299ribu. 

4. Blogwalking

Nah selain posting setiap hari, melakukan blogwalking alias bertamu ke blog tetangga itu juga dipercaya dapat menaikkan Alexa Rank. Tentunya tidak sebatas baca dan tidak komentar saja atau juga meninggalkan komentar spam. Saya sendiri menggunakan tools Feedly for Blogwalking selain WP Reader. 

Nah kira-kira itu sih perkenalan dengan yang namanya Alexa Rank dan juga cara merampingkan atau cara menaikkan Alexa Rank blog yang selama ini saya lakukan. Mudah-mudahan sih membantu. Tulisan ini saya persembahkan juga untuk member IDFB yang meminta post tentang Alexa Rank ini. 

Tapi sembari menulis ini, ada satu pikiran yang terlintas, bahwa untuk merampingkan Alexa Rank ini pun tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. 

Labels: , , , , ,